Senin, 15 Juni 2009

1. Apa definisi dari komputer?
-Istilah komputer (computer) berasal dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung. Komputer mempunyai arti yang sangat luas dan berbeda untuk orang yang berbeda. Berikut ini definisi komputer yang didapat dari beberapa buku komputer.
Menurut buku Computer Annual (Robert H.Blissmer), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
• Menerima input
• Memproses input tadi sesuai dengan programmnya
• Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
• Menyediakan output dalam bentuk informasi
Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
Dari beberapa definisi yang didapat dari berbagai buku, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah :
• Alat elektronik
• Dapat menerima input data
• Dapat mengolah data
• Dapat memberikan informasi
• Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program)
• Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
• Bekerja secara otomatis
Sedangkan yang disebut dengan program adalah kumpulan instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu.
2. Dalam bentuk yang sederhana komputer terdiri dari lima bagian utama, sebutkan dan jelaskan masing-masing bagian tersebut.
1). Unit Masukan (Input Unit)
Berfungsi untuk menerima masukan (input) kemudian membacanya dan diteruskan ke Memory / penyimpanan. Dalam hubungan ini dikenal istilah peralatan masukan (input device) yaitu alat penerima dan pembaca masukan serta media masukan yaitu perantaranya.
2). Unit Kontrol (Control Unit)
Berfungsi untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pengendalian seluruh sistem komputer. Ia berfungsi seperti pengatur rumah tangga komputer, memutuskan urutan operasi untuk seluruh sistem, membangkitkan dan mengendalikan sinyal-sinyal kontrol untuk menyesuaikan operasi-operasi dan arus data dari bus alamat (address bus) dan bus data (data bus), serta mengendalikan dan menafsirkan sinyal-sinyal kontrol pada bus kontrol (control bus) dari sistem komputer.
3). Unit Logika & Aritmatika (Arithmetical & Logical Unit)
Berfungsi untuk melaksanakan pekerjaan perhitungan atau aritmatika & logika seperti menambah, mengurangi, mengalikan, membagi dan memangkatkan. Selain itu juga melaksanakan pekerjaan seperti pemindahan data, penyatuan data, pemilihan data, membandingkan data, dll, sehingga ALU merupakan bagian inti dari suatu sistem komputer. Pada beberapa sistem komputer untuk memperingan dan membantu tugas ALU dari CPU ini diberi suatu peralatan tambahan yang disebut coprocessor sehingga khususnya proses perhitungan serta pelaksanaan pekerjaan pada umumnya menjadi lebih cepat.
4). Unit Memori / Penyimpan (Memory / Storage unit) Berfungsi untuk menampung data/program yang diterima dari unit masukan sebelum diolah oleh CPU dan juga menerima data setelah diolah oleh CPU yang selanjutnya diteruskan ke unit keluaran. Pada suatu sistem komputer terdapat dua macam memori, yang penamaannya tergantung pada apakah alat tersebut hanya dapat membaca atau dapat membaca dan menulis padanya. Bagian memori yang hanya dapat membaca tanpa bisa menulis padanya disebut ROM (Read Only Memory), sedangkan bagian memori yang dapat melaksanakan membaca dan menulis disebut RAM (Random Access Memory).
5). Unit Keluaran (Output Unit)
Berfungsi untuk menerima hasil pengolahan data dari CPU melalui memori. Seperti halnya pada unit masukan maka pada unit keluaran dikenal juga istilah peralatan keluaran (Output device) dan media keluaran (Output media).
3. Apa beda organisasi komputer dan arsitektur komputer ?
- Arsitektur komputer : mengacu pada sistem dan bagiannya yang tampak oleh user, Contoh : arsitektur komputer; set instruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
- Organisasi komputer : mengambarkan bagian-bagian komputer diatur dan dihubungkan untuk merealisasikan arsitektur komputer. Contoh : organisasi komputer: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal control

4. Gambarkan struktur dasar komputer !












-Suatu sistem komputer terdiri dari lima unit struktur dasar, yaitu:
• Unit masukan (Input Unit)
• Unit kontrol (Control Unit)
• Unit logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit / ALU)
• Unit memori/penyimpanan (Memory / Storage Unit)
• Unit keluaran (Output Unit)
5. Jelaskan fungsi dari komputer !
- Pengolahan data – Data processing
- Penyimpanan data – Data storage
- Pemindahan data – Data movement
- Kendali – Control
6. Gambarkan struktur komputer IAS (Institute For Studies) !
7. Jelaskan pengertian dari CPU !
CPU adalah Komponen terpenting dari system komputer untuk proses pengolahan data berdasarkan intruksi-intruksi yang diberikan kepadanya.
8. CPU tersusun atas beberapa komponen, sebutkan dan jelaskan !

- Arithmetic and Logic Unit (ALU): bertugas membentuk fungsi-fungsi pengolahan data komputer,ALU sering disebut dengan mesin bahasa karena bagian ini mengerjakan intruksi-intruksi bahasa mesin yang diberikan kepadanya.

- Control unit: bertugas mengontrol CPU dan secara keseluruan mengontrol komputer sehinga terjadi sinkronisasi kerja komponen-komponen dalam manjalankan fungsi-fungsi oprasinya.

- Register: media internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data.memori ini berfungsi sementara,biasanya digunakan untuk menyimpanan data saat proses pengolahan data atau pun pengolahan selanjutnya.

- CPU Interconnection: system koneksi dan bus yang menghubungkan komponen
internal CPU.

9. Jelaskan fungsi dari CPU !

Fungsi CPU: menjalankan program-program yang disimpan dalam memori utama dangan cara mengambil intruksi-intruksi,menguji intruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai dengan alur perintah.
10. Jelaskan siklus intruksi dasar !
Memahami fungsi CPU dan caranya berinteraksi dengan komponen lain, perlu kita tinjau lebih jauh proses eksekusi progam
Pandangan paling sederhana proses eksekusi program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua langkah, yaitu : operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi (execute). Siklus instruksi yang terdiri dari siklus fetch dan siklus eksekusi diperlihatkan pada gambar berikut :
11. Apakah yang dimaksud dengan fungsi interrupt ?
Fungsi interrupsi adalah meknisme penghentian atau pengalihan pengolahan instruksi dalam CPU kepada routine interupsi.

12. Jelaskan tujuan intruksi secara umum !
- Untuk menejemen pengekskusian routine intruksi agar efektif dan efisien antar CPU dan modul-modul

13. Sebutkan macam-macam kelas sinyal interupsi !
- Program: interupsi yang dibangkitkan dengan beberapa kondisi yang terjadi pada hasil eksekusi program.
- Timer: interupsi yang dibangkitkan pewaktuan dalam processor.
- I/O: sinyal interupsi yang dibangkitkan oleh modul I/O sehubungan pemberitahuan kondisi error dan penyelesaian suatu operasi.
- Hardware failture: interupsi yang dibangkitkan oleh kegagalan daya atau kesalahan paritas memori.
14. Gambarkan siklus eksekusi intruksi dengan interrupt !

15. Jelaskan pengertian dari memori !
Bagian dari komputer yang berfungsi untuk menyimpan data/perintah/program.
16. Apa perbedaan antara memori internal dan memori eksternal !

- Memori internal: memori yang dapat diakses langsung oleh prosesorregister yang terdapat di dalam processor, cachememori dan memori utama berada di luar processor.
- Memori eksternal: memori yang diakses processor melalui piranti I/O disket dan hardisk.
17. Sebutkan dan jelaskan karakteristik system memori komputer
- Memori dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu register, memori
internal dan memori eksternal. Register berada di dalam chip prosesor, memori ini diakses langsung oleh prosesor dalam menjalankan operasinya.
18. Apakah yang anda ketahui mengenai register ?
• Jenis memori yang tercepat, terkecil, dan termahal yang merupakan mamori internal bagi processor.

19. Apa beda Access time, memory cycle time dan transfer rate !
- Access time: bagi random access memory, waktu akses adalah waktu yang dibutuhkanuntuk melakukan operasi baca atau tulis. Sedangkan untuk memori non-random akses merupakan waktu yang dibutuhkan dalam melakukan mekanisme baca atau tulis pada lokasi tertentu.
- Memory cycle time: konsep ini digunakan pada random access memory dan terdiri dariaccess time ditambah dengan waktu yang diperlukan transient agar hilang pada saluransinyal.
- Transfer rate: kecepatan data transfer ke unit memori atau dari unit memori. Pada random access memory sama dengan 1/(cycle time).

20. Apa beda antara volatile dan non-volatile ?
- Volatile: informasi akan rusak secara alami atau hilang bila daya listriknya mati.
- Non Volatile: informasi direkam akan tetap berada disana tanpa mengalami kerusakan sebelum dilakukan perubahan. Kalau listrik mati data tidak hilang.
21. Gambarkan hierarki dari memori ?
-

22. Jelaskan hubungan antara harga, kapasitas dan waktu akses dari hierarki memori !

Hubungan harga, kapasitas dan waktu akses adalah :
• Semakin kecil waktu akses, semakin besar harga per bitnya.
• Semakin besar kapasitas, semakin kecil harga per bitnya.
• Semakin besar kapasitas, semakin besar waktu aksesnya.
Dilema yang dihadapi para perancang adalah keinginan menerapkan teknologi untuk kapasitas memori yang besar karena harga per bit yang murah namun hal itu dibatasi oleh teknologi dalam memperoleh waktu akses yang cepat Salah satu pengorganisasian masalah ini adalah menggunakan hirarki memori.
bahwa semakin
menurunnya hirarki maka hal berikut akan terjadi :
• Penurunan harga/bit
• Peningkatan kapasitas
• Peningkatan waktu akses
• Penurunan frekuensi akses memori oleh CPU.
Kunci keberhasilan hirarki ini pada penurunan frekuensi aksesnya. Semakin lambat
memori maka keperluan CPU untuk mengaksesnya semakin sedikit. Secara keseluruhan sistem
komputer akan tetap cepat namun kebutuhan kapasitas memori besar terpenuhi.

23. Sebutkan tingkatan dari satuan memori !

24. Jelaskan perbedaan-perbedaan istilah berikut ini
- RAM(Random-Acsess Memory) adalah jenis memori yang isinya dapat di ganti-ganti selama komputer dihidupkan dan mempunyai sifat bisa mengingat data/program selama terdapat arus listrik(komputer hidup).
- SRAM (Statik Ram), terdiri dari empat transistor dan dua kapasitor sifatnya cepat namun sangat mahal.
- DRAM (Dynamic Ram), terdiri dari satu transistor dan satu kapasitor sifatnya relatif mahal namun murah.
- SDRAM (Syncronus Dynamic RAM)
- DDR SDRAM
- Merupakan evolusi dari SDRAM biasa. Keunggulannya: jika SDRAM biasa hanya mampu mengirimkan data sekali per clock cycle, maka DDR mampu mengirimkan data dua kali per clock cycle. Pada DDR, bus data ditingkatkan menjadi 64-bit (SDRAM hanya 16-bit).
- RDRAM
- ROM (Read-Only Memory) adalah jenis memori yang hanya bisa dibaca.
- PROM adalah ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat di program lagi.
- EPROM Merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali
- EEPROM adalah Perkembangan mutakhir dari ROM. Dimana dapat mengubah dan menghapus program dengan menggunakan teknik elektrik.

25. Jelaskan yang anda ketahui mengenai cache memori !

- Cache Memory adalah memori yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi yang digunakan sebagai perantara antara RAM dan CPU.

26. Jelaskan apakah motherboard itu ?

-Motherboard adalah sebuah papan induk dan merupakan salah satu komponen yang paling penting pada komputer. Fungsinya sebagai pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen serta lalu lintas data antarkomponen yang ada, seperti hardisk, keyboard, mouse dan sebagainya.

27. Sebutkan perbedaan antara PORT SERIAL, PORT PARALEL, dan PORT USB !
- PORT SERIAL: Memiliki sembilan pin yang digunakan untuk menghubungkan mouse, joystick dan modem eksternal. Port serial bekerja dengan mengirim data 1 bit pada satu saat melalui kabel tunggal.
- PORT PARALLEL:Port yang digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan modem eksternal serta periferal lainnya yang memiliki kabel untuk port parallel. Port paralel bekerja dengan mengirim dan menerima beberapa bit pada satu saat melalui satu set kabel. Termasuk dalam port paralel adalah port penghubung printer, modem, dan port penghubung disk drive.
- PORT USB: Merupakan port multi fungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat atau feriperal lainnya seperti mouse, keyboard, modem, card wireless, dan lain sebagainya. Port USB merupakan pengembangan dari port serial. Saat ini, port usb paling populer digunakan, misalnya untuk flash disk, harddisk eksternal, mouse, keyboard. Kelebihan dari port USB adalah kemudahannya dalam melakukan koneksi device ke komputer, sehingga banyak alat dapat dipasang secara plug and play. USB ini dirancang tidak tergantung pada ekspansion slot, dan USB yang dipasang tidak perlu melakukan booting ulang komputer. Selain itu, USB juga mendukung arsitektur daisy-chain ganda, yaitu penggunaan USB hub. Sebuah USB hub dapat menampung banyak device USB. Jumlah tingkat atau level USB hub yang tersusun maksimal 5 tingkat, sedangkan jumlah USB device yang dapat terkoneksi ke sebuah kontroler USB maksimal 127 buah
28. Sebutkan dan jelaskan bagian-bagian dari motherboard !
a) Chip Mikroprocessor/Processor: Microprocessor adalah komponen terpenting dalam sebuah personal computer karena berfungsi sebagai pengendali dan pemroses data.
b) Sangkar Heatsink:digunakan untuk menancapkan hetsink dan fan (kipas) keatas processor.
c) Chip Memory: Suatu chip yang berfungsi untuk transfer data yang berasal dari keyboard, hardisk, disk drive, dan juga CPU.
d) Nort Bridge: Chipset mainboard yang berfungsi sebagai pengatur aliran data dengan kecepatan tinggi terutama pada processor(CPU), RAM dan kartu video.
e) South Bridge: Chipet mainboard yang berfungsi sebagai pengatur aliran data dengan kecepatan rendah, terutama pada IDE, DMA, PCI, dan port-port parallel dan serial.
f) Konektor IDE: Konektor yang berfungsi sebagai penghubung mainboard dengan hardisk, CD/DVD ROM, R/W.
g) Konektor Floppy disk: Kenektor yang berfungsi sebagai penghubung mainboard dan Floppy disk.
h) Slot AGP: Slot yang berfungsi sebagai tempat video card yang apabila video/VGA on Board tidak berfungsi.
i) Slot PCI: Slot yang brfungsi sebagai tempat berbagai jenis kartu ekspansi jenis PCI.
j) Port Connector: Port Connector ini berupa pin-pin yang di tancapkan pada motherboard. Fungsinya menghubungkan motherboard dengan peralatan lain. Antara lain:
1).FDD Conroller untuk disk drive
2).COM 1 untuk mouse
3).COM 2 untuk modem
4).LPT 1 (Line Printer 1) untuk printer
5).USB
k) Konektor Power ATX: berfungsi untuk mendapatkan suplay arus listrik dari power supply ATX.
l) Konektor Power Tambahan: berfungsi sebagai arus tambahan yang diperlukan oleh mainboard dan konektor ini juga dihubungkan dengan power supply.
m) Battery BIOS : berfungsi sebagai pemberi supply arus listrik pada mainbaord
29. Apa beda North Bridge dan South Bridge?
- Nort Bridge: Chipset mainboard yang berfungsi sebagai pengatur aliran data dengan kecepatan tinggi terutama pada processor(CPU), RAM dan kartu video.
- South Bridge: Chipet mainboard yang berfungsi sebagai pengatur aliran data dengan kecepatan rendah, terutama pada IDE, DMA, PCI, dan port-port parallel dan serial.









30. Apa beda sector dan track !

Sector : Bagian dari tempat dari track yang terdapat pada piringan (disk) yang terdiri dari elemen-elemen penyimpan data.
Track : Lingkaran konsentris yang ada pada disket untuk penempatan penyimpanan data. Media disk, baik disket, harddisk, CD, dsb., memiliki beberapa track yang berupa lingkaran, dan masing-masing lingkaran tersebut dibagi atas beberapa sector. Contoh, Disket dengan ukuran 1,2 MB terdiri dari 80 track dan setiap track terdiri dari 15 sector.

31. Sebutkan bagian-bagian dari hard disk ?

- Hardisk terdiri dari Logic board, motor, Platter, read-write head, interface slot, dan body
32. Apakah yang dimaksud dengan jaringan komputer ?
- Hubungan dua buah komputer atau lebih yang tujuan utamanya untuk melakukan pertukaran data.
- Sekumpulan komputer berjumlah banyak yang terpisah-pisah tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya.

33. Apakah MODEM itu ?

- MODEM: Modulator DEMolator, yaitu perangkat komunikasi tambahan bagi komputer, yang berfungsi untuk mengkonversikan signal analog (telepon) menjadi signal digital (komputer) dan sebaliknya.

34. Peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat jaringan komputer ?
a.Kabel jaringan
b.Line Card
c.Modem
d.Connector
e.HUB/Switch
f.Repeater
g.Tang Kriping
h.LAN Tester

35. Apakah yang dimaksud dengan TCP/IP ?

- TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) termasuk dalam deretan protokol komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan host-host pada jaringan internet.

36. Sebutkan dan jelaskan kelas-kelas IP Address !
- Alamat IP sepanjang 32 bit (4 octet) ini lebih dikenal dengan Ipv4 diatur IANA dan dikelompokkan menjadi 5 bagian yaitu kelas A,B,C,D dan E. Kelas A,B dan C adalah kelompok yang dapat digun akan untuk memberikan alamat host (komputer dalam jaringan) dan dimulai dari nomor 1.0.0.0 sampai 223.255.255.255. Pembagian alamat IP dapat dilihat berikut ini:
1).Kelas A – 1.0.0.0 sampai 127.255.255.255 dengan netmask 255.0.0.0 (catatan 127.0.0.0/255.0.0.0 digunakan untuk keperluan loopback).
2).Kelas B – 128.0.0.0 sampai 191.255.255.255 dengan netmask 255.255.0.0
3).Kelas C – 192.168.0.0 sampai 223.255.255.255 dengan netmask 255.0.0.0
4).Kelas D dan E – 224.0.0.0 sampai 254.255.255.255 digunakan untuk keperluan multicast dan experimen komunikasi TCP/IP dimasa depan.

37. Berapakah jumlah host untuk masing-masing kelas A, B, C ?
- Jumlah Host kelas A :1-126 Jumlah jaringan:126 Jumlah Host per jaringan 16.777.214
- Jumlah Host kelas B :128-191 Jumlah jaringan:16.384 Jumlah Host per jaringan 65.534
- Jumlah Host kelas C :192-223 Jumlah jaringan: 2.097.152 Jumlah Host per jaringan.254

38. Apa beda monitor analog dan monitor digital ?
- Monitor Analog: Monitor yang dapat menampilkan warna tidak terbatas.
-Monitor Digital: Monitor ini berbeda dengan monitor jenis monokrom atau jenis EGA (Enhanced Graphic Array) yang menampilkan gambar dalam bayangan kelabu atau warna yang samar.

39. Bagaimanakah cara penularan virus ?

- Cara penularan Virus: Penularan virus Tracking melalui website, virus trojan melalui sebuah aplikasi dan software, dan virus worm yang mudah menular melalui sebuah media penghubung seperti flash disk ataupun media transmisi lainya

40. Apa saja yang dilakukan untuk mencegah virus komputer ?
- Pastikan Anda melakukan instalasi sistem operasi dari keping cakram yang bebas virus
- Hindari melakukan quick format pada saat instalasi pertama kali.
- Gunakan full format. Jika Anda menggunakan sistem operasi Microsoft Windows
- Gunakan Software asli
- Gunakan Anti Virus
- Gunakan Sistem Operasi Linux Seperti Ubuntu, Mandriva, Linux Mint dan banyak lainnya

41.Jelaskan jenis-jenis virus komputer ?
- TROJAN >>Trojan merupakan malware yang biasanya disisipkan di program lainnya, misalnya dalam program game, jaman dahulu trojan ini digunakan oleh beberapa developer software untuk menghindari pembajakan dengan cara menyisipkan malware (kode merusak) kedalam tubuh software (program induknya) lalu dengan code copy protection sebagai pemicu, trojan ini bisa aktif dan siap merusak komputer kapan saja
- WORM >>Worm dari segi bahasanya berarti cacing, worm merupakan salah satu anggota keluarga malware yang biasanya banyak orang salah kaprah menyamakan worm dengan virus. Sebenarnya worm berbeda dengan virus (worm != virus), walaupun kedua-duanya bisa menyebar dan masih satu keluarga malware. Perbedaan antara keduanya terletak pada cara bereproduksi (spread action), worm bereproduksi tidak dengan cara infeksi tetapi dengan cara menggandakan diri (self copy) dan biasanya tidak bersifat polymorphic (berubah-ubah), sehingga mudah dideteksi oleh antivirus maupun removal (khususnya removal yg menggunakan tehnik CRC dan MD5 sebagai engine detectionnya)
- VIRUS >>Malware dari jenis ini memiliki kemampuan reproduksi dengan cara menginfeksi program lain (menjadi parasit) dan bisa juga dengan cara mereplikasi diri. Malware jenis ini biasanya dilengkapi dengan tehnik polymorphic, sehingga metode CRC dan MD5 sebagai basis deteksi tidak bisa atau sulit digunakan untuk mendeteksi malware jenis ini.
Virus digolongkan lagi menjadi dua jenis: virus overwriting dan non-overwriting (appending).
Virus overwriting bereproduksi dengan cara menumpuki file inangnya, sehinga file yang ditumpuki rusak, virus jenis ini biasanya dibuat oleh virus maker pemula.
Virus non-overwriting (appending) bereproduksi dengan cara menempel ke tubuh file lain tanpa merusak struktur file sasarannya, sehingga file yang telah terinfeksi akan bertambah besar ukurannya. (ukuran file asli + ukuran tubuh virus)

42.Apa saja tanda-tanda komputer terkena virus komputer ?

- Komputer Anda berjalan lebih lambat dari biasanya dan itu berlangsung secara konsisten.
- Komputer tiba-tiba berhenti atau tidak merespon dan hal tersebut sering terjadi.
- Komputer tiba-tiba restart atau crash dan ini terjadi beberapa menit sekali.
- Komputer tiba-tiba restart dan tidak bisa berjalan normal kembali.
- Aplikasi komputer tidak berjalan dengan semestinya. Hardisk atau disk drive tidak bisa diakses.
- Aktivitas print tidak bekerja dengan semestinya.
- Sering terjadi pesan error yang aneh dan tidak biasanya.
- sering terlihat menu atau dialog box yang rusak.

43.Dalam pemakaian komputer terkadang kita mengalami masalah, salah satunya adalah ketika komputer dinyalakan terdapat beberapa bunyi beep. Coba jelaskan perbedaan beep berikut ini:

- Bunyi beep pendek satu kali, artinya Sistem telah melakukan proses Boot dengan baik.
- Bunyi beep pendek 2 kali, artinya Ada masalah pada konfigurasi atau seting
pada CMOS.
- Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 1 kali, artinya Ada masalah pada
Motherboard atau DRAM.
- Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali, artinya .Ada masalah pada monitor
atau VGA Card.
- Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali, artinya .Ada masalah pada Keyboard.
- Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 9 kali, artinya Ada masalah pada ROM BIOS.
- Bunyi beep panjang terus-menerus, artinya Ada masalah di DRAM.
- Bunyi beep pendek terus-menerus, artinya Ada masalah penerimaan tegangan (power)

44. Buat blog dengan kriteria sebagai berikut :
• Template sebagai background layar harus semenarik mungkin.
• Posting diblog mengenai : Nama lengkap, alamat, foto, cita-cita, moto hidup, perguruan tinggi, semester dan kelas .
• Posting jawaban tugas organisasi komputer ini .
• Terdapat link dengan web yang menurut anda penting.
Terdapat counter jumlah pengunjung blog anda dan fitur-fitur lain yang menarik blog anda.

45.Print jawaban tugas berikut.

Komentar :

ada 1
Biner Jhs mengatakan...
pada hari 

sip.......
tak tunggu ttng struktur data.....

Posting Komentar

Hardware

Hardware
Motherboard

Pengikut

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra